Apabila anda baru saja tergabung dengan suatu perusahaan baru, maka kami ucapkan selamat menikmati suasana baru sebagai pekerja profesional. Lebih dari itu, nikmatilah suasana baru dalam batin anda dengan harga diri penuh, dengan keyakinan masa depan yang terang, dan ucapkan selamat tinggail kepada rasa minder dan rendah diri karena menganggur. Pujangga Kahlil Gibran dalam bukunya Sang Nabi menyanjung anda dengan puisinya :
Pabila engkau bekerja,
Sesungguhnya engkau telah memenuhi sebagian cita-cita
bumi yang tertinggi,
yang tersurata untukmu, saat cita-cita itu menjelma.
Dengan menyibukkan diri dalam kerja,
Hakikatnya engkau mencintai denyut kehidupanmu sendiri.
Maksudnya jelas, bahwa mencintai pekerjaan adalah keharusan. Sebutir keringat yang menetes ke bumi, akan membuat bumi yang anda injak merasa gembira dan kelak akan mendapat balasan yang setimpal. ATak ada setetes keringatpun yang hilang, meski tetes keringat seorang petani yang padinya lenyap dimakan banjir musim penghujan. Selamat mengenakan seragam baru, duduk di meja kerja yang baru, menjalani rutinitas baru dan mengenal rekan-rekan kerja yang baru pula. Akrabi mereka semua dengan kemampuan interpersonal anda. Tunjukkan profesionalitas dan kecakapan anda. Rendah hatilah untuk mendapat simpati yang tulus ikhlas.
Jadikanlah momentum ini sebagai kesempatan untuk terus belajar. Perusahaan anda pun sesungguhnya adalah sebuah komunitas yang ingin selalu belajar dan berkembang. Andapun diharapkan memiliki keunggulan-keunggulan dalam melakukan proses belajar dan menunjukkan performa dan hasil belajar. Tidak perlu merasa terlalu takut dalam mencoba melangkah serta berpendapat. Kurangi rasa malu yang berlebihan jika belum berhasil ketika mengusahakan sesuatu.
Proses sosialisasi dan belajar merupakan cara memasukkan nilai-nilai ke dalam kesadaran alam pikiran anda agar dapat dijadikan pertimbangan, acuan untuk bersikap, berpendapat atau memutuskan sebuah tindakan. Diri anda sendirilah yang paling tahu bagaimana cara belajar yang baik dan efektif. Namun ada prinsip-prinsip yang berlaku umum tentang bagaimana seseorang dapat belajar secara efektif. Pertama, yakin dan percaya terhadap nilai dan sumber nilai yang dipelajari. Kedua, harus ada harapan pada nilai yang anda pelajari. Ketiga, carilah panutan dari sumber nilai yang anda pelajari, khususnya dari perusahaan anda. Prinsipnya, belejar sambil bekerja, learning by doing.
Ada tiga kelompok besart orang dalam menyikapi proses belajar di kantor yang semuanya mengambil prinsip pemanfaatan yaitu kelompok penikmat, kelompok pengamat,dan kelompok pengguna profesional.
Para penikmat proses belajar adalah para staf baru yang mengambil keuntungan dari status belajarnya. Namun ia tidak bebas hukum apabila melakukan kesalahan dalam proses belajar. Para pengamat adalah mereka yang mengambil pengetahuan proses dan hasil belajar untuk dijadikan bahananalisa keputusan, biasanya suka menjadi komentator atau konsultan. Kelompok ini adalah para staf lama, senior dalam bidangnya, sudah ahli dan skillfull dalam menjalankan tugas keseharian. Kelompok pengguna, praktisi atau profesional adalah mereka yang selalu mengejawantahkan atau mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari belajar pada tindakan atau pekerjaan yang dilakkan. Yang termasuk kelompok profesional ini adalah para kabag, direktur, bos, komisaris, pemegang sahan dan salin sebagainya.
Dengan disiplin anda dapat setiap saat mengevaluasi dan mengontrol rencana yang telah anda programkan. Mulai hari ini rasakanlah, apakah benar dengan disiplin anda akan dibawa menuju keberhasilan? Hanya disiplin yang bisa menhadirkan suskses lebih cepat. Adapun tugas-tugas penting dalam suasana kanator anda yang baru adalah :
Ikuti rapat atau pelatihan yang membahas permasalahan seputar karir. Tanyakan sebanyak mungkin berbagai informasi yang anda butuhkan.
Membicarakan kepada kantaor atau teman-teman tentang pilihan anda. Siapa tahu mereka bisa membantu.
Mintalah beberapa caran dari seseorang yang bekerja di bidang itu. Cari tahu bagaimanamereka bisa mencapai hasil seperti sekarang, di mana mereka memulainya, apa bagian terbaik dan terburuk dari pekerjaan tersebut, dan sebagainya.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Ditempatkan di bagian apapun diri anda, terimalah dengan senang hati. Jangan pernah memilih jika memang tidak ada pilihan. Melihat dengan cara pandang positif akan membuat anda lebih bermakna, mekanisme kerja menjadi sehat, dan suasana di sekatar anda menjadi ceria.
Baca sebanyak mungkin tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan karir yang ingin anda jalani. Apabila ada waktu, pergilah ke perpustakaan,baca aratikel di majalah dan browsing di internet untuk mencari tahu tentang keahlian apa saja yang mungkin bakal anda perlukan.
Coba berbagai hal baru, mulailah mengambil tanggung jawab dan tantangan untuk mengetahui apa saja yang anda sukai dan ingin lakukan nantinya.
SELAMAT BEKERJA .. SE;AMAT BELAJAR ...
Pabila engkau bekerja,
Sesungguhnya engkau telah memenuhi sebagian cita-cita
bumi yang tertinggi,
yang tersurata untukmu, saat cita-cita itu menjelma.
Dengan menyibukkan diri dalam kerja,
Hakikatnya engkau mencintai denyut kehidupanmu sendiri.
Maksudnya jelas, bahwa mencintai pekerjaan adalah keharusan. Sebutir keringat yang menetes ke bumi, akan membuat bumi yang anda injak merasa gembira dan kelak akan mendapat balasan yang setimpal. ATak ada setetes keringatpun yang hilang, meski tetes keringat seorang petani yang padinya lenyap dimakan banjir musim penghujan. Selamat mengenakan seragam baru, duduk di meja kerja yang baru, menjalani rutinitas baru dan mengenal rekan-rekan kerja yang baru pula. Akrabi mereka semua dengan kemampuan interpersonal anda. Tunjukkan profesionalitas dan kecakapan anda. Rendah hatilah untuk mendapat simpati yang tulus ikhlas.
Jadikanlah momentum ini sebagai kesempatan untuk terus belajar. Perusahaan anda pun sesungguhnya adalah sebuah komunitas yang ingin selalu belajar dan berkembang. Andapun diharapkan memiliki keunggulan-keunggulan dalam melakukan proses belajar dan menunjukkan performa dan hasil belajar. Tidak perlu merasa terlalu takut dalam mencoba melangkah serta berpendapat. Kurangi rasa malu yang berlebihan jika belum berhasil ketika mengusahakan sesuatu.
Proses sosialisasi dan belajar merupakan cara memasukkan nilai-nilai ke dalam kesadaran alam pikiran anda agar dapat dijadikan pertimbangan, acuan untuk bersikap, berpendapat atau memutuskan sebuah tindakan. Diri anda sendirilah yang paling tahu bagaimana cara belajar yang baik dan efektif. Namun ada prinsip-prinsip yang berlaku umum tentang bagaimana seseorang dapat belajar secara efektif. Pertama, yakin dan percaya terhadap nilai dan sumber nilai yang dipelajari. Kedua, harus ada harapan pada nilai yang anda pelajari. Ketiga, carilah panutan dari sumber nilai yang anda pelajari, khususnya dari perusahaan anda. Prinsipnya, belejar sambil bekerja, learning by doing.
Ada tiga kelompok besart orang dalam menyikapi proses belajar di kantor yang semuanya mengambil prinsip pemanfaatan yaitu kelompok penikmat, kelompok pengamat,dan kelompok pengguna profesional.
Para penikmat proses belajar adalah para staf baru yang mengambil keuntungan dari status belajarnya. Namun ia tidak bebas hukum apabila melakukan kesalahan dalam proses belajar. Para pengamat adalah mereka yang mengambil pengetahuan proses dan hasil belajar untuk dijadikan bahananalisa keputusan, biasanya suka menjadi komentator atau konsultan. Kelompok ini adalah para staf lama, senior dalam bidangnya, sudah ahli dan skillfull dalam menjalankan tugas keseharian. Kelompok pengguna, praktisi atau profesional adalah mereka yang selalu mengejawantahkan atau mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari belajar pada tindakan atau pekerjaan yang dilakkan. Yang termasuk kelompok profesional ini adalah para kabag, direktur, bos, komisaris, pemegang sahan dan salin sebagainya.
Dengan disiplin anda dapat setiap saat mengevaluasi dan mengontrol rencana yang telah anda programkan. Mulai hari ini rasakanlah, apakah benar dengan disiplin anda akan dibawa menuju keberhasilan? Hanya disiplin yang bisa menhadirkan suskses lebih cepat. Adapun tugas-tugas penting dalam suasana kanator anda yang baru adalah :
Ikuti rapat atau pelatihan yang membahas permasalahan seputar karir. Tanyakan sebanyak mungkin berbagai informasi yang anda butuhkan.
Membicarakan kepada kantaor atau teman-teman tentang pilihan anda. Siapa tahu mereka bisa membantu.
Mintalah beberapa caran dari seseorang yang bekerja di bidang itu. Cari tahu bagaimanamereka bisa mencapai hasil seperti sekarang, di mana mereka memulainya, apa bagian terbaik dan terburuk dari pekerjaan tersebut, dan sebagainya.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Ditempatkan di bagian apapun diri anda, terimalah dengan senang hati. Jangan pernah memilih jika memang tidak ada pilihan. Melihat dengan cara pandang positif akan membuat anda lebih bermakna, mekanisme kerja menjadi sehat, dan suasana di sekatar anda menjadi ceria.
Baca sebanyak mungkin tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan karir yang ingin anda jalani. Apabila ada waktu, pergilah ke perpustakaan,baca aratikel di majalah dan browsing di internet untuk mencari tahu tentang keahlian apa saja yang mungkin bakal anda perlukan.
Coba berbagai hal baru, mulailah mengambil tanggung jawab dan tantangan untuk mengetahui apa saja yang anda sukai dan ingin lakukan nantinya.
SELAMAT BEKERJA .. SE;AMAT BELAJAR ...
0 komentar:
Posting Komentar